Monday 1 July 2013

Permandian Air Panas Lahendong - Sulawesi Utara

DEAR BLOGGIE

ada yang berasal dari MANADO? atau pernah ke Manado sekedar jalan2? pernah gak pergi ke permandian air panas lahendong? apa keistimewaan air panas ini?

jadi ceritanya begini...

minggu pagi sekitar zam 8 gue dan sepupu gue (cowo) pergi ke kolam renang sonder (lokasinya di daerah sonder, sulawesi utara), niatnya mau berenang... tapi, karena saat itu gue masih belum bisa berenang dan kolam kelihatan sedang rame akhirnya kita hanya duduk2 makan pisang goreng...

sekitar jam 12an kami berniat pulang ke rumah, nah dalam perjalanan pulang kami melintasi permandian air panas lahendong, dulu, waktu kecil gue pernah kesini (tapi itu waktu kecil sekali) lupa.... jadi, gue minta sepupu gue mampir, lagian kan tadi kita gk mandi pas di kolam sondeb... akhirnya kita mampir



Menuju Lokasi Pemandian Air Panas
Untuk mencapai lokasi pemandian air panas Lahendong cukup mudah karena letaknya dekat dengan jalan raya menuju objek wisata Bukit Kasih di Kawangkoan, Minahasa.
Dari terminal kota Tomohon bisa naik angkot atau masyarakat sekitar menyebutnya "otto" jurusan Sonder dan tinggal memberi tahu sopir tujuan kita, maka akan diturunkan tepat di seberang jalan pemandian air panas Lahendong.
Cukup mudah dijangkau kan, alangkah baiknya anda yang sedang berwisata ke Kota "Tinutuan" Manado atau ke Kota Tomohon cobalah untuk menikmati sensasi pijatan air panas yang merilekskan di Pemandian Air Panas Lahendong sekaligus menikmati udara segar khas pegunungan karena di sekitarnya merupakan hutan pinus.

jadi permandian ini terbagi atas 3 tempat, yang jarak satu sama lain gak terlalu dekat (tapi masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki)... nah di tempat pertama itu berupa beberapa kamar mandi yang didalamnya ada tempat untuk berendam (tapi 1 kamar hanya bisa ditempati 1 orang) akhirnya kita beralih ke yang nomor 2 (waktu itu kita pake motor jadi gampang pindah lokasi)

di tempat yang kedua berupa 2 buah kamar gede, yang bisa muat hingga 8-10 orang sekaligus (bisa campur antara cewek cowok dalam satu ruangan <- biasa dipake 1 keluarga)... didalamnya ada tempat berendam yang gede... tapi, berhubung gue waktu itu cuma berdua jadi kita beralih ke tempat yang ke3....



nah di tempat yang ke3 ini, terdiri atas 2 kolam permandian air panas yang dipisah antara laki2 dan perempuan.. kolamnya hanya dikelilingi oleh dinding setinggi 1,5 meter tanpa atap.. dalam kolamnya 1,2 meter dengan lantai masih berupa lumpur panas... di tempat ke3 ini airnya lebih panas dibanding tempat 1 ama ke 2... mungkin karena disini pusat belerangnya (mungkin lho!)

waktu kita datang kesini ada 1 orang bapak2 pakai kolor doang, dan 2 orang anaknya yang 1 udah remaja, yang 1 masih anak2... si bapak hanya memasukkan sebatas pergelangan kaki doank di kolam sedang 2 anak lainnya cuma ngeliatin

akhirnya gue memutuskan untuk berendam sebentar di tempat ke3 ini... dengan hanya memakai kolor doank.. tapi waw... airnya panas banget!! ditambak cuaca terik jam 12 siang... sama bapak2 yang disitu gue disuruh datang subuh2 kalo mau berendam... katanya cuacanya dingin dan aernya gak terlalu panas... maka pulanglah gue dan sepupu gue

inti ceritanya

besok subuhnya ternyata sepupu gue gak mau ikutan berendam air panas, maka pergilah gue sendiri ke permandian yang nomor 3 memakai ojek... dan betapa terkejutnya gue, ada sekitar 10 org lebih yang sedang berendam, sekedar duduk2 samping kolam, sabunan dll dan semuanya dalam keadaan telanjang bulat... WAW!!! terdiri dari anak kecil (yang masih SD), remaja, bapak2 sampai kakek2 tua... semua bugil... WAW

ini sama persis dengan permandian air panas di jepang dan korea sana, dimana semua yang mandi pada bugil... tapi karena gue masih malu2 dan gue newbie di tempat itu gue memutuskan untuk tetap memakai kolor... tapi, rasanya gak enak gini yah? kayak salah kostum sendiri gue... gue malah jadi bahan perhatian... sama 1 orang bapak2 disitu dibilang 'gak usah malu... kan kita sama2 cowok semua' ahhhhhhhhhhhhhhh...... gundah gue!!

dan akhirnya gue melorotkan kolor gue dan sekarang untuk pertama kalinya gue telanjang bulat di depan orang banyak (cowok semua sih, tapi tetep aja risih).. saat itu gue cepat2 menutup kontol gue dengan tangan dan segera berendam... ini lantaran gue tiba2 konak melihat pemandangan yang begitu 'indah'

tapi, lama berendam juga gak bagus... paling maksimal 15 menit lha trus kita harus naek lagi... jadi beberapa menit kemudian gue segera bangkit dari kolam dan duduk2 di tepi kolam dengan hanya merendamkan kaki (jadinya kontol gue bisa diliat orang2 <- tapi untung dah gak konak) kemudian gue hanya menguping percakapan orang2 disitu yang sama sekali pada gak malu2 mempertotonkan kontol mereka.. setiap kali mau konak gue segera berendam... huahahaha! masih malu uy! takut ketahuan kalau gay, sesama cowok kok bisa konak?

beberapa menit kemudian, beberapa orang udahan... tapi beberapa datang lagi... wah! wah! berhubung lagi dalam masa liburan jadi banyak juga anak kuliahan dan SMA yang datang.. dan semua langsung menggantung tas, membuka baju, celana, kolor dan BUGIL...

ah......... surga!!

selanjutnya gue sabunan, sampoan di tempat yang sama trus pulang... trus... besok2nya gue sering kesana subuh2.. sampai dapat kenalan gue... seorang bapak2 tapinya --".. lama2 gue dah gk merasa malu2 lagi... malah lebih seringan gue mempertontonkan kontol gue dibanding gue berendam... huahahaha!

dan selama liburan semester ini gue lebih sering menghabiskan waktu disana... (seminggu 2-3 kali lha) lagian mandi air panas belerang kan bagus buat kesehatan... huahaahaha! alibi! padahal niatnya cuma mau nonton orang2 pada bugil.. sampai akhirnya gue balik jakarta buat kuliah... ntr kalo pulang ke manado lagi, gue bakal kesini dah... teman2 yang mau jalan2 ke manado jangan lupa kesini juga... lokasinya di tomohon, lahendong

dah ah... ntr kapan2 gue bagi lagi kisah2 gue


5 comments:

  1. Good place like heaven.....if i could be there....anyone take me there....?

    ReplyDelete
  2. sob all kunjungi twitter aq ya..... mgkin dsna juga xan bs cuci mata dan cuci .... setelah .....
    https://twitter.com/zyandraraja

    ReplyDelete